6 Kapolda Aktif yang Bertugas di Pulau Sulawesi, Nomor 2 dan 4 Lulusan Akpol 1991

Hankam, Nasional, News10 Views

loading…

Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol Adang Ginanjar memimpin langsung upacara serah terima jabatan pejabat utama Polda dan dua kapolres di Jajaran Polda Sulawesi Barat, Minggu, 31 Desember 2023. FOTO/DOK.HUMAS POLRI

JAKARTA – Sebanyak enam Perwira Tinggi (Pati) Polri kini menjabat sebagai Kapolda aktif yang bertugas Pulau Sulawesi. Dua di antaranya merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991.

Kapolda adalah singkatan dari Kepala Kepolisian Daerah yang bertugas memimpin pelaksanaan tugas Polri di wilayah tingkat provinsi dan bertanggung jawab langsung kepada Kapolri. Mereka yang mengemban jabatan tersebut adalah jenderal polisi bintang dua atau berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol).

Saat ini, tercatat ada 34 Kapolda yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa di antaranya berada di Pulau Sulawesi. Siapa saja mereka?

Kapolda Aktif yang Bertugas di Pulau Sulawesi

1. Irjen Pol Yudhiawan Wibisono – Kapolda Sulawesi Utara

FOTO/sulsulprov.go.id

Irjen Pol Yudhiawan Wibisono merupakan salah seorang perwira tinggi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, ia menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Yudhiawan lahir di Klaten, Jawa Tengah, 19 Oktober 1967. Jenderal bintang 2 Polri ini diketahui sebagai jebolan Akpol 1991.

Pada sepak terjangnya di kepolisian, Yudhiawan sudah banyak menyemat posisi penting. Di antaranya seperti Kapolrestabes Makassar (2019), Korwil KPK (2020), Direktur Koordinasi dan Supervisi II KPK (2021), Sahlisospol Kapolri (2023) hingga Kapolda Sulawesi Utara (2023-sekarang).

Posisi Kapolda Sulawesi Utara didapat Yudhiawan Wibisono pada Desember 2023 lalu. Waktu itu, ia menggantikan Irjen Setyo Budianto.

2. Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi – Kapolda Sulawesi Selatan

6 Kapolda Aktif yang Bertugas di Pulau Sulawesi, Nomor 2 dan 4 Lulusan Akpol 1991

FOTO/DOK.SINDOnews

Saat ini, Irjen Pol Andi Rian Ryacudu bertugas sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Jabatan ini didapat ketika ditunjuk menggantikan Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso pada Desember 2023 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *