Tak Pernah Libur Kontrol Malam,Ka.KP Rutan Masamba Pastikan Anggotanya selalu Siap dan Kondisi Rutan Dalam Keadaan Aman

Masamba – Sistem keamanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan), pada dasarnya merupakan suatu kegiatan untuk mewujudkan kehidupan dan penghidupan yang teratur, aman, dan tentram.

Terciptanya keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan merupakan syarat utama terselenggaranya pelaksanaan Sistem Pemasyarakatan.Secara definitif, penjagaan merupakan salah satu bentuk kegiatan pengamanan terhadap orang dan fasilitas guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

Dalam pelaksanaannya, penjagaan pada Lapas dan Rutan dilakukan oleh regu pengamanan yang bertugas.Rasio perbandingan jumlah anggota regu pengaman dengan warga binaan yang harus dijaga memang menjadi masalah yang belum teratasi hingga kini Salah Satunya Di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Masamba Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan Hal ini membuat Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas II B Masamba, Muhammad Akbar harus membuat langkah-langkah strategis agar Sistem Pemasyarakatan dapat tercapai. Ka.KP Rutan Kelas II B Masamba melaksanakan kontrol rutin Guna Untuk Memastikan Kondisi Warga Binaan Tetap Tekendali dan Aman

Muhammad Akbar mengungkapkan bahwa hal ini penting untuk dilakukan selain untuk mengecek kesiapan anggota regu pengaman,kegiatan ini juga untuk memastikan bahwa kondisi rutan memang dalam keadaan aman.“Hampir setiap malam saya selalu ada dirutan,hal ini saya lakukan untuk memastikan anggota saya dalam keadaan siap jika sewaktu-waktu terjadi gangguan kamtib dan yang terpenting kondisi rutan dalam keadaan aman”,terang Muhammad Akbar Kepada Awak Media.

Ditambahkan, Bahwa Tugas Kita Adalah menyapa para WBP untuk mendengar aspirasi, dan memastikan para WBP sehat, serta menghimbau agar para WBP turut menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban di dalam lingkungan blok hunian.Kontrol keliling atau yang akrab dengan istilah Trolling, merupakan agenda wajib jajaran pengamanan di Rutan. Sesuai dengan Permenkumham No. 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara, Kontrol adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengendalian secara seksama terhadap sasaran pelaksanaan tugas pengamanan.

Ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban pada Lapas atau Rutan.“Semoga Rutan Kelas II B Masamba selalu aman, tertib dan kondusif”, pungkas Ka.PR Rutan Kelas II B Masamba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *