Langit Jakarta Tampak Biru Dua Hari Terakhir, Ini Penjelasan BMKG


loading…

Langit Jakarta tampak cerah dan biru dalam dua hari terakhir. Bahkan, jarak pandang juga sangat luas sehingga terlihat penampakan Ibu Kota Jakarta yang cerah. Foto/SINDOnews

JAKARTALangit Jakarta tampak cerah dan biru dalam dua hari terakhir. Bahkan, jarak pandang juga sangat luas sehingga terlihat penampakan Ibu Kota Jakarta yang cerah. Lalu, fenomena apa ini?Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan cuaca cerah di Jakarta dengan penampakan langit berwarna biru merupakan fenomena alamiah yang bisa terjadi di segala musim.

“Hal tersebut terjadi karena beberapa hal seperti kondisi angin yang relatif cukup kencang, kelembapan udara cukup kering, sinar matahari, dan partikel penyusun di atmosfer,” ujar Ketua Tim Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca, Ida Pramuwardhani dalam keterangan resminya, Rabu (20/3/2024).

Ida pun mengungkapkan beberapa faktor dinamika atmosfer yang menyebabkan cuaca cerah di Jakarta di antaranya bahwa saat ini wilayah Indonesia bagian barat sedang berada pada fase 6, yaitu fase kering Madden-Julian Oscillation (MJO) atau suppressed MJO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *