Profil Anak Presiden RI dari Masa ke Masa

loading…

Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah dipimpin 7 presiden, yakni Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. FOTO/MUSEUM KEPRESIDENAN RI

JAKARTA – Deretan nama anak Presiden RI dari masa ke masa menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Meski orang tuanya pernah menjadi pemimpin negara, tidak semua dari mereka mengikuti jejak di dunia politik.

Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah dipimpin 7 presiden yang berbeda. Dimulai dari Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Masing-masing Presiden RI memiliki keluarga besarnya sendiri-sendiri. Sebagian anak-anaknya mengikuti jejak ke dunia politik, tapi ada pula sebagian lain yang memilih profesi lain dalam kesehariannya. Berikut ini profil singkat anak Presiden RI dari masa ke masa:

Anak Presiden RI dari Masa ke Masa

A. Presiden Soekarno

1. Guntur Soekarnoputra
Guntur Soekarnoputra adalah anak pertama Soekarno dari istri ketiganya, Fatmawati. Kakak dari Megawati Soekarnoputri ini lahir pada 3 November 1944.

Saat berada di bangku kuliah, Guntur dikenal sebagai sosok aktivis pergerakan. Kendati begitu, ia tidak terlalu aktif di jagat politik.

2. Megawati Soekarnoputri
Megawati Soekarnoputri adalah Presiden ke-5 Republik Indonesia. Ia merupakan salah satu putri Bung Karno dari pernikahannya dengan Fatmawati.

Jika dibandingkan dengan saudara-saudaranya, Megawati menjadi anak Soekarno yang sukses di politik Tanah Air. Perempuan yang lahir pada 13 Januari 1947 ini bahkan masih aktif menjabat posisi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga sekarang.

3. Rachmawati Soekarnoputri
Sekilas wajah Rachmawati Seokarnoputri sangat mirip dengan kakaknya, yaitu Megawati Soekarnoputri. Anak ketiga Bung Karno dari Fatmawati ini lahir pada 27 September 1950.

Sebagaimana sang kakak perempuannya itu, Rachmawati diketahui sempat berkecimpung juga di politik. Namun, peran dan popularitasnya memang tidak sebesar Megawati. Rachmawati telah meninggal dunia di Jakarta pada 3 Juli 2021.

4. Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri lahir pada 26 Oktober 1951. Ia juga termasuk sebagai salah satu anak Bung Karno dengan Fatmawati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *