Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan Sebesar USD1 Juta


loading…

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dan Sudan. Foto/MPI/binti mufarida

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina dan Sudan.“Untuk bantuan sudah kita sepakati bahwa pemerintah Republik Indonesia akan memberikan bantuan kepada Palestina dan juga Sudan yang nilainya masing-masing 1 juta US Dollar,” ungkap Muhadjir seusai Rapat Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Muhadjir megatakan bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Selanjutnya dan nanti diperoleh melalui dana siap pakai dan kedaruratan dari melalui BNPB dan selanjutnya nanti akan disalurkan sesuai dengan apa yang telah diusulkan dari Ibu Menteri Luar Negeri,” ujarnya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang juga hadir mengatakan bantuan yang akan dikirimkan fokus pada bantuan kesehatan. “Menambahkan apa yang sudah disampaikan oleh Pak Menteri, intinya adalah bahwa satu Pemerintah Indonesia menerima permintaan bantuan fokus di kesehatan. Satu dari Pemerintah Mesir, dari Kementerian Kesehatan Mesir untuk menangani pengungsi Palestina yang berada di Mesir,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *