Janggal Kolom Form C Hasil Perindo Tak Ditampilkan di Sirekap, KIPP: Harusnya Bawaslu Jadikan Temuan


loading…

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) janggal terhadap tampilan Sirekap KPU yang tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumatera Utara (Sumut). Foto: Dok iNews Media

JAKARTA – Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) janggal terhadap tampilan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) KPU yang tak menampilkan Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumatera Utara (Sumut).Dari hasil penelusuran, Form C Hasil Partai Perindo di sejumlah TPS di Sumut tak ditampilkan dalam Sirekap. Salah satunya di TPS 011, Kelurahan Aek Manis, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, Sumut.

Di situs pemilu2024.kpu.go.id, Form C Hasil Partai Perindo hanya seperti kain putih. Hal itu berbeda dengan partai peserta pemilu lainnya yang ditampilkan Form C Hasil.

Tak hanya itu, di TPS 008 Kelurahan Aek Habil, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, juga Partai Perindo mendapat perlakuan serupa. Di Sirekap, pada kolom Form C Hasil Perindo hanya menampilkan background berwarna abu-abu.

Di TPS 014 Kelurahan Muara Pinang, Kecamatan Sibolga Selatan, Kota Sibolga, kolom C Hasil Perindo hanya berlatar warna hitam.

Sekjen KIPP Kaka Suminta menilai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus turun tangan dan menjadikan masalah itu sebagai temuan. Tujuannya memberi rekomendasi perbaikan kepada KPU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *