KPU Sebut Surat Suara Tertukar Terjadi di 388 TPS

loading…

Ketua KPU Hasyim Asyari bersama komisioner lainnya menggelar konferensi pers terkait pelaksanaan Pemilu 2024, Rabu (13/2/2024) malam. FOTO/MPI/IRFAN MARUF

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) mencatat terdapat sejumlah masalah terkait logistik Pemilihan Umum ( Pemilu) 2024 . Salah satu masalah ditemukan surat suara tertukar di 388 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, terdapat permasalahan surat suara tertukar yang terjadi di 388 TPS. Data itu dikumpulkan berdasarkan laporan hasil pencermatan hingga Rabu (14/2/2024).

“Permasalahan surat suara tertukar terjadi di 388 TPS, tersebar pada 79 kabupaten/kota, pada 26 provinsi,” kata Hasyim saat konferensi pers, Rabu (13/2/2024) malam.

Namun, ia mengeklaim permasalahan tersebut sudah ditangani setelah diidentifikasi. Menurut Hasyim, KPU telah melakukan langkah strategis untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Itu dituntaskan oleh para petugas KPPS di tingkat desa kelurahan, sehingga pemungutan suara dapat berjalan kembali,” katanya.

Selain masalah surat suara tertukar, Hasyim mengungkapkan, pada Senin (12/2/2024) juga masalah di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Di wilayah itu, terjadi perusakan alat perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara untuk 92 TPS.

(abd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *